Menghasilkan Uang Dengan Blogging

Blogging

Bagaimana cara menghasilkan uang dengan Blogging?

Berikut ini cara menghasilkan uang dari blog :
  1. Siapkan blog anda
  2. Mulai buat konten yang bermanfaat
  3. Dapatkan pembaca dari blog anda
  4. Bangun keterlibatan dengan para pembaca yang datang
  5. Mulailah menghasilkan uang dari pembaca
Kedengarannya mudah bukan? Pada beberapa level, prosesnya sederhana - tetapi anda perlu mengetahui dari awal bahwa ada banyak hal untuk setiap langkah.

Berikut cara menghasilkan uang dari blog.

1. Mulai Blog

Untuk menghasilkan uang, anda harus memiliki blog. Saat ini memulai blog bisa dilakukan dengan gratis atau murah, dan anda bisa mulai dalam beberapa menit dengan membuat blog di situs semacam Blogger atau WordPress. Blogger dan WordPress adalah dua situs pembuatan blog yang paling populer di Internet. Blogger sebagai penyedia jasa blog kepunyaan Google ini dirancang untuk kemudahan penggunaan. Blog anda akan sangat mudah dibuat dan diatur, dan anda akan memiliki alat pengatur lalulintas pengunjung milik Google. Dengan WordPress, memulai blogging akan sedikit lebih sulit, namun anda akan menemukan bahwa WordPress memiliki banyak peralatan canggih untuk mempercantik dan mempromosikan blog anda.

2. Mulai Buat Konten Yang Bermanfaat

Blog bukan blog tanpa konten jadi setelah anda mengatur blog anda, anda perlu memusatkan perhatian anda saat membuat konten yang bermanfaat. Apa yang anda pilih untuk dibuat akan sedikit bergantung pada topik yang anda pilih untuk ditulis. Fokus pada pembuatan konten yang menjadi jenis konten yang paling dihargai orang dan itu sangat penting jika nantinya anda ingin menghasilkan uang dari blog anda. Misalnya tentang topik-topik seperti politik, makanan, otomotif, film, atau bisnis anda sendiri.

3. Dapatkan Pembaca Dari Blog Anda

Jika anda ingin menghasilkan uang dari blog anda, anda tidak perlu hanya fokus pada membangun blog yang hebat tetapi juga perlu untuk keluar dari blog anda dan mulai mempromosikannya. Mulailah dengan memikirkan baik-baik tentang jenis pembaca yang ingin baca blog anda. Beberapa ide untuk membuat blog anda dapat terhubung dengan target pembaca misalnya : Berbagi pengetahuan, membuat orang tertawa, menginspirasi orang, berbagi tren dan berita terbaru.

4. Bangun Keterlibatan Dengan Para Pembaca Yang Datang

Dengan fokus yang berkelanjutan saat membuat konten hebat dan menemukan pembaca untuk blog anda, anda akan mulai memperhatikan orang yang mengunjungi blog anda dan terlibat dengan konten anda. Pada titik ini anda perlu mengalihkan fokus anda untuk terlibat dengan para pembaca dan membangun komunitas. Tanggapi komentar, hubungi para pembaca secara pribadi dan lakukan semua yang anda bisa untuk membuat mereka terus datang lagi dan lagi. Perhatikan para pembaca yang setia berkunjung ke blog anda maka anda akan menemukan mereka menyebarkan berita dari blog anda dan membuat blog anda semakin banyak dibaca.

5. Mulailah Menghasilkan Uang Dari Pembaca

Empat langkah pertama memulai sebuah blog, membuat konten, menemukan pembaca, dan membangun keterlibatan dengan para pembaca adalah fondasi penting yang benar-benar di perlukan sebelum dapat membangun pendapatan jangka panjang untuk blog anda.

Ada beberapa opsi yang membuat blogger harus memperoleh penghasilan dari blog mereka.

1. Penghasilan Iklan

Di sinilah banyak blogger mulai. Dalam banyak hal, model menghasilkan uang dari blog ini tidak berbeda dengan bagaimana sebuah majalah atau surat kabar menjual iklan. Seiring pertumbuhan lalu lintas anda akan menemukan pengiklan yang bersedia membayar.

Meskipun anda membutuhkan lalu lintas yang layak untuk melakukan transaksi langsung dengan pengiklan, ada jaringan iklan (seperti Google AdSense) yang bertindak sebagai perantara dan memungkinkan penayang yang lebih kecil untuk menjalankan iklan di blog. Di sinilah banyak blogger mulai.

Contoh - Memasang Iklan PPC

Pay Per Click (PPC) adalah model menghasilkan uang berdasarkan klik yang dilakukan pengunjung terhadap iklan yang anda pasang di blog anda. Penyedia PPC terpopuler saat ini adalah Google AdSense.

Jika menggunakan cara ini, anda tidak perlu repot mencari pengiklan karena para penyedia PPC akan menyediakannya untuk anda, yang anda perlukan setelah disetujui sebagai mitra penyedia PPC adalah meningkatkan pengunjung dan mengoptimasi tampilan dan posisi iklan tersebut agar uang yang anda peroleh semakin banyak.

Penghasilan yang akan anda terima tergantung pada klik yang dianggap sah oleh penyedia PCC. Adapun waktu pembayarannya bergantung pada ketentuan masing-masing penyedia PCC. Sebagai contoh, Google AdSense membayarkan penghasilan anda setelah 21 hari.

Kekurangan utama metode ini adalah anda harus menunggu jumlah minimal dan waktu pembayaran. Saat menunggu pembayaran tersebut, anda bisa kehilangan penghasilan karena akun anda dinonaktifkan. Alasannya beragam, mulai dari klik yang tidak sah sampai posisi iklan yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan penyedia PCC.

Contoh - Memasang Tempat Iklan Mandiri

Iklan Mandiri adalah cara mendapatkan uang dengan menyediakan tempat (spot) iklan di blog Anda. Umumnya, iklan mandiri ini bebentuk banner dengan beragam ukuran, seperti 125×125, 300×250, 160×600, dan 780×90.

Dibanding PCC dan afiliasi, cara ini relatif bagus dari sisi pembayaran karena uang akan masuk kantong anda saat tempat iklan anda dibeli oleh pengiklan. Dengan kata lain, anda tidak perlu menunggu dan berbagi komisi dengan pihak penyedia PCC atau Afiliasi. Hanya saja, untuk mendapatkan uang dari iklan mandiri, blog anda harus memiliki banyak pengunjung setiap harinya.

2. Penghasilan Afiliasi

Pendapatan Afiliasi adalah ketika anda menautkan ke produk yang dijual di situs (seperti Amazon misalnya) dan jika seseorang mengikuti tautan anda dan akhirnya membeli produk itu, maka anda mendapat komisi dari penjualan itu.

Afiliasi adalah model menghasilkan uang dari mempromosikan produk (bisa juga jasa) orang lain. Umumnya, anda tidak perlu membeli produk tersebut untuk menjadi affiliate-nya. Anda tinggal membuat review atau menampilkan banner produk atau jasa tersebut. Tentu saja review dan banner tersebut mengandung link afiliasi yang anda peroleh dari penyedia afiliasi. Uang yang akan anda peroleh bergantung pada jumlah pengunjung yang membeli produk yang anda tawarkan di blog atau di daftar pelanggan blog anda.

Seperti halnya PPC, kelemahan terbesar metode ini adalah anda tidak memperoleh langsung komisi yang anda peroleh. Anda harus menunggu dalam jangka waktu atau batas minimal pembayaran yang ditentukan oleh masing-masing penyedia afiliasi. Penghasilan anda juga bisa hilang karena anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan penyedia afiliasi.

3. Mempromosikan Bisnis

Diperlukan kejelian dan strategi yang matang agar berhasil mempromosikan bisnis milik anda. Namun anda tak perlu khawatir, anda dapat mempromosikan bisnis modal kecil anda dengan menggunakan media online dan bekerja sama dengan blogger. Kegiatan pemasaran yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan blogger outreach. Blogger outreach adalah kegiatan marketing yang dilakukan melalui blog yang memiliki target market sama seperti target market anda.
Baca Juga : Manfaatkan Adwords Tools Gratis Untuk Pasang Iklan Online
Dengan melakukan kegiatan marketing ini, anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti :

  • Memungkinkan para blogger untuk menyukai produk atau jasa yang anda miliki sehingga ia dengan senang hati mempromosikannya melalui  blog yang dimilikinya.
  • Mendapatkan feedback yang berharga sebagai masukan untuk mengembangkan usaha anda.
  • Anda berkesempatan untuk menambah keutungan dan juga menjalin hubungan baik jangka panjang dengan para blogger.

4. Layanan

Cara umum yang membuat banyak blogger menghasilkan uang adalah dengan menawarkan layanan kepada pembaca mereka. seperti pelatihan dan konsultasi, hingga menulis atau menyalin, merancang, pelatihan atau layanan freelance lainnya.

Contohnya, jika anda mahir mendesain logo, anda bisa menawarkan jasa pembuatan logo kepada pengunjung blog anda.

Selain jasa pembuatan logo, jasa-jasa yang biasa ditawarkan oleh blogger antara lain :

  • Mendesain website
  • Bimbingan privat seperti membuat blog
  • SEO
  • Menjadi pembicara seminar
  • Menulis artikel bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
  • Menerjemahkan artikel bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya
  • Mengetik skripsi, tesis, atau disertasi

Jika klien anda tanpa perantara, anda akan memperoleh 100% uang dari jasa anda. Jika sebaliknya, anda harus berbagi komisi dengan perantara klien anda.

Terlepas dari sumber klien, anda harus menunjukkan keahlian anda jika ingin banyak klien. Caranya bisa dengan membuat postingan seputar keahlian anda atau membuat platform. Jika anda menawarkan jasa pembuatan artikel dalam bahasa Inggris, platformnya berupa daftar klien dan kumpulan tulisan anda dalam bahasa Inggris.

5. Produk

Anda bisa menghasilkan uang dengan penjualan buku, seperti penjualan eBook (virtual), perangkat lunak, dll. Anda tidak perlu menunggu pihak lain untuk menerbitkan buku anda, yang anda lakukan adalah mengubah buku anda dari MS Word ke format PDF. Metode pembayaran untuk eBook tersebut bisa melalui transfer uang ke akun Bank anda atau transfer uang melalui surat elektronik seperti Paypal, Perfect Money ke akun anda. Apa pun format buku dan metode pembayarannya, buku yang hendak anda jual haruslah berkualitas sehingga membantu pembaca blog anda menyelesaikan masalahnya. Tentunya, anda harus menyediakan waktu yang tidak sedikit untuk meriset, menulis, dan mengedit buku bermanfaat seperti itu.

Jenis lain dari produk yang dijual oleh beberapa blogger adalah produk fisik. Ini paling umum ketika blogger memiliki bisnis tetapi terkadang blogger juga membuat barang dagangan (T-shirt, dll) atau produk fisik lainnya untuk dijual.


Menghasilkan Uang Dengan Blogging