WebMoney - Kegunaan Dan Cara Daftarnya


WebMoney adalah salah satu e-currency (mata uang digital) yang digunakan sebagai alat pembayaran di internet. Kantor pusat WebMoney berkedudukan di Rusia dan website resminya dapat dilihat di halaman ini.

Berdiri sejak tahun 1998, e-currency yang dirintis dan dikelola oleh perusahaan WM Transfer Ltd. ini merupakan salah satu sistem pembayaran online paling populer di dunia. Tak hanya berkembang di Rusia dan daerah sekitarnya, WebMoney nyatanya juga dikenal dan digunakan oleh jutaan klien dari berbagai negara, termasuk AS serta negara-negara Eropa dan Timur Tengah.

Kelebihan WebMoney
  • Telah lama berdiri (sejak tahun 1998) dan memiliki jutaan klien dari seluruh dunia. Hal ini membuktikan kehandalan WebMoney sebagai e-currency terpercaya. Layanannya bahkan telah di-back up secara resmi oleh pemerintah Rusia. 
  • Dilindungi sistem keamanan berlapis untuk menjaga kerahasiaan identitas klien dan memastikan kelancaran transfer. Selain akses login dengan username dan password, keamanan WebMoney juga dilengkapi dengan : Secret keys atau simbol pengenal yang ditentukan berbeda untuk setiap klien dan Personal certificate yang merupakan kode sekali pakai untuk melengkapi proses otentifikasi tahap lanjutan.
  • Konfirmasi transaksi bisa dilakukan dengan 2 cara : kode verifikasi via SMS dan E-NUM, semacam e-token untuk menghasilkan kode spesial yang hanya diketahui oleh penggunanya.
  • Bisa diakses di berbagai platform, dan tersedia dalam bermacam-macam versi (aplikasi PC, mobile app, dan web-platform).
  • Top up dan withdrawal bisa dilakukan dengan berbagai metode, meliputi bank wire, kartu kredit, hingga exchanger lokal. Khusus bagi pengguna WebMoney di Indonesia yang ingin lebih mudah menukarkan Rupiah ke e-currency WebMoney (beli WebMoney) dan sebaliknya, sebaiknya menggunakan jasa exchanger lokal agar prosesnya lebih mudah dan cepat.
  • Digunakan di banyak vendor online.
  • Terdapat pusat informasi lengkap tentang seluk-beluk dan panduan WebMoney di rubrik khusus WebMoney wiki.
Kekurangan WebMoney
  • Dibandingkan e-curency lain, fee transfer masih terlalu besar.
  • Ada kendala bahasa. Situs WebMoney umumnya dibuat dalam bahasa Rusia dan Inggris, tapi bahasa dasarnya tetaplah Rusia. Menelusuri info di situs e-currency ini bisa terasa sulit karena ada beberapa detail yang hanya tersedia dalam bahasa Rusia. Jelas ini akan sangat menyulitkan pencarian anda.
  • Terdapat fasilitas-fasilitas tambahan serta sertifikasi Passport (keamanan) yang tidak mudah dipahami.
  • Navigasi website tidak ramah pengguna.
Fee WebMoney

Satu lagi yang perlu diperhatikan dalam panduan WebMoney adalah, terdapat fee transfer yang akan dikenakan kepada pengirim (Anda). Komisi tersebut adalah sebesar 0.8% (maksimum $50) dari jumlah transfer.
Contohnya:
  1. Anda akan kirim 100$, balance Anda akan didebet $100.8
  2. Kirim 600$, maka balance Anda akan didebet $604,8
  3. Jika kirim 3000$, maka balance Anda akan didebet $3024
Jenis Mata Uang WebMoney

Sebagai mata uang online yang telah mendunia, WebMoney memiliki beberapa jenis mata uang khusus yang nilainya didasarkan pada :
  • Dolar AS (USD) : Di WebMoney disebut sebagai WMZ
  • Euro (EUR) : WME
  • Rubel Rusia (RUB) : WMR
  • Gold (Emas) : WMG
  • Hyrvnia Ukraina (UAH) : WMU
  • Tenge Kazakhstan (KZT) : WMK
  • Bitcoin (BTC) : WMX
Baca Juga Tentang Perfect Money Disini

Jenis Akun WebMoney

1. Akun Classic (Keeper WinPro)

Akses : Lewat aplikasi windows yang didownload dan di install di PC.
Limit : Tidak ada batasan jumlah transfer (masuk keluar) per harinya.
Keamanan : Ada metode key yang harus disimpan, sekali hilang agak repot mendapatkan kembali.
Penggunaan : Tingkat kesulitan sedang, yang perlu menjadi perhatian adalah, setiap berpindah komputer harus install aplikasi dan key.

2. Akun Light (Keeper WebPro)

Akses : Menggunakan browser
Limit : Tidak ada batasan jumlah transfer (masuk keluar) per harinya.
Keamanan : Menggunakan root certificate yg di-install di browser.
Penggunaan : Tingkat kesulitan mudah-sedang. Meskipun tak perlu repot-repot menginstall aplikasi, akses akun ini hanya dapat dilakukan di browser yang sudah di install root certificate. Jadi certificate ini tidak boleh hilang, karena sekali hilang akan repot mengembalikannya. Sisi positifnya, terdapat versi login lain yang hanya menggunakan user dan password, sehingga proses aksesnya bisa jauh lebih mudah.

3. Akun Mini (Keeper Standard)

Akses : Menggunakan browser
Limit : Ada batasan transfer (masuk/keluar) per harinya, yaitu tidak bisa melebihi $200.
Keamanan : Menggunakan model umum user dan password.
Penggunaan : Relatif lebih mudah dibanding akun Classic dan Light.

4. Keeper Mobile

Akses : Melalui app mobile, yang tersedia untuk ponsel dengan OS Java (MIDP 2.0), Android, iOS, dan Windows Phone.
Keamanan : Relatif aman karena hanya bisa diakses dengan nomor ponsel yang telah terdaftar.
Penggunaan : Mudah karena interface-nya sudah disesuaikan dengan kemudahan akses di layar mobile. Namun demikian, layanan SMS yang tersedia di akun ini berisiko mengalami kendala delay karena lintas Internasional.

Cara Daftar WebMoney

Untuk membuka akun di sistem e-currency online ini, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah pada cara daftar WebMoney berikut :
  1. Buka situs WebMoney DISINI
  2. Klik Sign Up
  3. Mengisi nomor telepon
  4. Mengisi formulir pendaftaran
  5. Verifikasi SMS
  6. Membuat password dan login
  7. Membuat Purse
  8. Mengubah status Passport
Panduan WebMoney Lebih Lanjut Untuk Proses Registrasi

Purse dan Passport adalah 2 hal yang sebaiknya anda perhatikan setelah berhasil menjalankan cara daftar WebMoney di atas. Faktanya, anda tidak bisa secara langsung menggunakan akun baru untuk menjalankan transaksi online, tanpa membuat Purse dan mengubah status Passport terlebih dulu.

Hal itu karena, saat pertama kali membuat account, anda akan mendapatkan nomor WMID. Angka tersebut hanya sekedar nomor akun dan belum bisa digunakan untuk mengirim atau menerima transfer dari akun WebMoney lain. Untuk itu, Purse perlu dibuat sebagai "dompet" mata uang yang anda gunakan di sistem WebMoney. Sebagai contoh, jika anda menggunakan Dolar AS, maka buatlah Purse WMZ.

Di sisi lain, Passport WebMoney berkenaan dengan status akun. Ketika anda baru membuka akun, maka status Passport adalah ALIAS. Terdapat batasan-batasan jika anda membiarkan akun masih berstatus ALIAS, dimana salah satunya adalah anda hanya bisa melakukan top up (deposit) dana ke akun tapi tidak bisa transaksi keluar. Untuk itu, status Passport perlu di-upgrade dari ALIAS ke FORMAL. Caranya cukup mudah, karena anda tinggal melengkapi data identitas diri seperti kode pos dan profil Kartu Tanda Pengenal.

WebMoney - Kegunaan Dan Cara Daftarnya