Ethereum

Ether


Ethereum (ETH) : Apa Itu & Informasi


Apa Itu Ethereum

Menurut Wikipedia, Ethereum adalah platform komputasi terdesentralisasi dan terdistribusi yang berbasis Open Source bagi publik. Ethereum di ciptakan dari penerapan teknologi Blockchain yang memiliki fungsionalitas Smart Contracts (Kontrak Cerdas / Scripting). Hal ini bisa memberikan fungsi mesin virtual “Turing-Complete” yang terdesentralisasi. Ethereum memiliki EVM (Ethereum Virtual Machine yang dapat mengeksekusi skrip menggunakan jaringan Internasional yang tersebar untuk publik.  EVM bisa dikembangkan oleh seseorang / institusi / perusahaan untuk digunakan bersamaan dengan platform mereka sebagai penyedia fitur transaksi yang aman berbasis Ether.

Ethereum juga menyediakan token kripto yang disebut “Ether / ETH” yang dapat ditransfer antar akun diseluruh di dunia. Transaksi Ethereum berbasis P2P (Peer-to-Peer / Individu-ke-Individu) dengan menghilangkan perantara pihak ketiga. Ethereum memiliki perlindungan Spam Attack yang disebut dengan “GAS”, yaitu mekanisme penetapan harga / biaya transaksi internal yang akan bertambah jika transaksi yang dilakukan di sinyalir sebagai SPAM. Smart Contracts yang ditanamkan pada Ethereum memungkinkan proses transaksi berjalan secara otomatis tanpa pihak ketiga, dan tanpa campur tangan manusia. Sehingga, tingkat kesalahan bisa ditekan ke level hampir mendekati 0.

Sejarah Ethereum

Ethereum pertama kali dibuka ke publik pada tahun 2013 dalam sebuah whitepaper oleh Vitalik Buterin, mantan pengembang Bitcoin. Buterin belajar tentang Bitcoin, dari ayahnya, pada usia 17. Dia menjadi pengembang Bitcoin mulai dari tahun 2011-2013. Pada 2012, ia memperoleh medali perunggu di Olimpiade Internasional dalam bidang Informatika. Pada 2013, ia mengunjungi pengembang di negara lain yang berbagi antusiasmenya untuk kode. Ia kuliah di University of Waterloo tetapi berhenti pada tahun 2014, ketika ia menerima Thiel Fellowship dalam jumlah $ 100.000.

Dengan kecerdasan dan pengalamannya menganalisa Bitcoin sebagai mata uang kripto pertama, Butterin menyadari bahwa seharusnya Bitcoin bisa digunakan untuk tujuan yang lebih besar. Karena kepercayaan bahwa Bitcoin masih sempit penggunaanya, maka Buterin berniat membuat sebuah cryptocurrency yang lebih mudah “disesuaikan”. Tujuannya adalah untuk membuat mata uang digital yang bukan hanya berfungsi layaknya Bitcoin, namun juga memiliki fitur smart contract yang dapat digunakan untuk menentukan secara otomatis kapan pembayaran dilakukan.

Dari hal tersebut Butterin bersama beberapa orang rekannya mulai membuat rancangan dan Whitepaper tentang proyek nya tersebut pada akhir tahun 2013. Kemudian pada tahun 2014, Ethereum dirilis untuk memenuhi kebutuhan transaksi Cross-Chain dan Cross-Platform dengan tujuan utamanya menghancurkan batas-batas transaksi finansial yang ada saat ini.

Perbedaan Bitcoin dan Ethereum

Perbedaan mendasarnya dengan Bitcoin adalah, Ethereum bukan hanya bisa memproses transaksi, namun juga kontrak dan program yang kompleks. Fleksibilitas ini menjadikan Ethereum sebagai instrumen sempurna bagi blockchain-application. Selain itu, Bitcoin lebih ditujukan untuk menyimpan daftar saldo dan transaksi di blockchain-nya, sementara blockchain Ethereum dirancang untuk menyimpan berbagai jenis data. Data ini bisa diakses dan digunakan oleh program-program komputer yang berjalan di blockchain Ethereum.
Baca Juga : Bitcoin, Litecoin, Dogecoin, Bitcoin Cash
Program-program tersebut dapat dibilang aplikasi terdesentralisasi, atau umumnya disebut dapps. Artinya, pengembang di seluruh dunia dapat membangun dan menjalankan aplikasi terdesentralisasi pada blockchain Ethereum. Tujuannya adalah untuk memperbaiki industri keuangan, penyimpanan informasi pribadi, tata kelola dengan berbagai kegunaan lainnya dengan menggunakan sifat transparan blockchain.

Perbedaan lain yang tak kalah penting adalah jumlahnya, di mana jumlah Bitcoin dibatasi yaitu hanya sebanyak 21 juta, namun jumlah Ethereum tidak dibatasi dalam jumlah tertentu layaknya mata uang pada umumnya. Secara teknis Bitcoin dan Ethereum hampir sama. Hanya ada sedikit perbedaan dalam hal teknisnya.

Informasi Teknis Ethereum :


Batas koin  99.421.341 ETH (MAX 100 Juta)
Algoritma  ERC-20 * Token
Waktu blok  10 detik
Kesulitan retarget  2016 blocks
Blok rincian hadiah  5 per setiap blok baru
Hadiah awal  5 Ether (ETH)
Bonus blok saat ini  5 Ether (ETH)
Blok penjelajah  etherscan.io
Dibuat oleh  Vitalik Buterin, Joseph Lubin, Gavin Wood, dll.


Ethereum