Bitcoin Cash

BCH


Bitcoin Cash (BCH) : Apa Itu & Informasi



Apa Itu Bitcoin Cash


Bitcoin Cash adalah mata uang mendunia terjamin yang berasal dari visi awal Bitcoin untuk menjadi "Mata Uang Elektronik P2P". Bitcoin Cash memberdayakan pedagang dan pengguna untuk bertransaksi dengan biaya rendah dan konfirmasi cepat. Dengan inovasi baru dan pertumbuhan teknologi, Bitcoin Cash memungkinkan adopsi global dan pengembangan moneter yang terdesentralisasi.

Proses Penciptaan Bitcoin Cash (BCH)

Perdebatan diantara pengembang Bitcoin Core (sejenis software bitcoin yang sedang aktif digunakan saat ini) memang sudah terjadi sejak lama, yaitu tentang masalah ukuran block yang bisa di terima Bitcoin Classic hanya kurang dari 1 MB, sedangkan pada waktu diciptakan Bitcoin Cash yang sudah support block 8 MB masih berada dalam satu atap Bitcoin Core.

Perbedaan ini menjadi masalah yang sangat besar, karena jika pada Bitcoin Classic (BTC) block kurang dari 1 MB di anggap valid, sedangkan block diatas 1 MB tidak dianggap valid. Padahal dalam 1 block saja terdapat ratusan bahkan ribuan transaksi dengan nominal yang besar dan harus di validasi.

Perdebatan tersebut terjadi selama beberapa tahun, kemudian muncul sebuah proposal untuk memisahkan skalabilitas Bitcoin Classic (BTC) dan Bitcoin Cash (BCH). Proposal tersebut adalah Segwit2x yang diharapkan mampu menghasilkan optimasi / penghapusan Segregated Witness dengan peningkatan ukuran blok.

Kemudian pada tanggal 01 Agustus 2017, Bitcoin mengalami Hardfork pada chain/rantai/jaringan Bitcoin yang berujung pada pemisahan jaringan, serta penciptaan Altcoin (Alternative Coin) baru yaitu Bitcoin Cash (BCH).  

Perbedaan Bitcoin Cash (BCH) dan Bitcoin Classic (BTC)

Ada dua perbedaan utama antara Bitcoin Cash (BCH) dengan Bitcoin Classic (BTC) yaitu :
  • Peningkatan skalabititas / ukuran block menjadi 8 MB.
  • Penghapusan SegWit

Fitur

Bitcoin Cash mengikuti rencana dan visi Nakamoto untuk global adopsasi dengan Skalabilitas On-Chain. Sebagai langkah awal, batas blocksize sudah disesuaikan dengan meningkatkan kapabilitas ke 8MB. Saat ini, penelitian untuk memungkinkan peningkatan kapasitas masif sedang dilakukan.

Jenis SigHash baru menyediakan perlindungan replay, keamanan dompet perangkat keras yang lebih baik, dan penghapusan masalah hashing kuadrat. Penyesuaian kesulitan Proof-of-Work yang responsif memungkinkan penambang bermigrasi dari rantai Bitcoin orisinal sesuai keinginan, sambil memberikan perlindungan terhadap fluktuasi hashrate.
Baca Juga : Bitcoin, Litecoin, Ethereum, Dogecoin
Dengan beberapa tim pengembangan yang independen, masa depan Bitcoin Cash aman. Pengembangan protokol Bitcoin Cash terlindungi terhadap serangan politik dan sosial. Tidak ada satu kelompok atau proyek yang bisa mengendalikannya, bitcoin-ml mailing list adalah tempat yang baik untuk membuat proposal untuk perubahan yang memerlukan koordinasi antar tim pengembangan.

Pengembang Bitcoin Core dan CTO Blockstream adalah salah satu dari banyak "pakar" yang menganggap jaringan yang lambat dan mahal menjadi ideal.

Informasi Teknis Bitcoin Cash (BCH) :


Batas koin  21 Juta
Algoritma  SHA-256
Waktu blok  2,5 menit
Kesulitan retarget  Blok 478558
Blok rincian hadiah  Bitcoin Hardfork 2017
Hadiah awal  12,5 BCH
Bonus blok saat ini  12,5 BCH
Blok penjelajah  explorer.bitcoin.com/bch
Dibuat oleh  Tidak Diketahui (Roger Ver)
Tanggal pembuatan  1 Agustus 2017


Bitcoin Cash