Litecoin

Crypto

Litecoin (LTC) : Apa Itu & Informasi

Apa Itu Litecoin

Sama dengan Bitcoin, Litecoin (disingkat LTC) menurut situs resmi Litecoin.org adalah mata uang Internet P2P (Peer-to-Peer) yang di buat pada tahun 2011 menggunakan perangkat lunak terbuka (Open-Source Software) di bawah lisensi MIT/X11 sebagai alternatif ringan untuk Bitcoin dan memungkinkan transaksi instan, mendekati pembayaran nol biaya untuk siapa pun di dunia. Litecoin bersifat Open-Source (terbuka untuk pengembangan umum), dan merupakan jaringan pembayaran global yang sepenuhnya terdesentralisasi tanpa otoritas pusat.

Litecoin atau dikenal dengan satuan LTC secara keseluruhan hampir sama dengan Bitcoin (BTC), yaitu mata uang terdesentralisasi berbasis blockchain yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi di seluruh dunia dengan menghilangkan pihak ketiga (perantara), atau biasa disebut dengan Peer-to-Peer (Individu-ke-Individu), sehingga jaminan keamanan transaksi dapat didapatkan secara penuh.

Dua perbedaan utama antara Litecoin dan Bitcoin adalah :
  1. Selang waktu yang lebih kecil dari Litecoin antara menambahkan blok baru ke Blockchain-nya, yang seharusnya mengurangi waktu transaksi.
  2. Penambangan Litecoin diatur oleh algoritma Scrypt, yang bertentangan dengan SHA 256 Bitcoin. Tujuannya adalah untuk membatasi penambang ASIC dan memungkinkan pengguna untuk secara efisien menambang Litecoin pada PC biasa, dan itu bekerja seperti yang dimaksudkan untuk beberapa waktu sampai Scrypt ASICs dikembangkan. 
Sejarah Penciptaan Litecoin

Litecoin diciptakan dan dirilis oleh Charles Lee, seseorang yang pernah menjadi karyawan Google, pada tanggal 7 Oktober 2011 melalui client Open-Source di GitHub. Litecoin diciptakan melalui Hardfork dari klien Bitcoin-Qt, dengan penurunan waktu penemuan blok, peningkatan total maksimum koin yang diciptakan (Max 84 Juta Koin), GUI yang dimaksimalkan, serta algoritma Hashing (PoW/Proof-of-Work) yang berbeda, yaitu menggunakan Scrypt bukan SHA-256 maupun Equishash seperti pada Bitcoin.

Open-Source Pada Litecoin

Dikutip dari Litecoin.org, Litecoin adalah proyek perangkat lunak Open-Source yang dirilis dibawah lisensi MIT/X11 yang memberikan akses pengembang untuk menjalankan, memodifikasi, dan menyalin perangkat lunak dan mendistribusikannya sesuai dengan kebutuhan. Perangkat lunak Litecoin dilepaskan dalam proses transparan yang memungkinkan verifikasi binary secara independen.

Jadi secara jelas dikatakan bahwa Litecoin merupakan platform terbuka yang bisa dikembangkan oleh siapapun untuk tujuan mereka sendiri. Misalnya saja untuk menciptakan aplikasi transaksi perbelanjaan berbasis blockchain, dengan Litecoin sebagai media transaksinya.


Litecoin dapat diidentifikasi pada pertukaran dengan simbol mata uang LTC atau XLT. Litecoin dapat dengan mudah dibeli dan dijual di sejumlah bursa dengan menggunakan semua jenis mata uang. Ketika anda memiliki Litecoin yang banyak jangan khawatir untuk tidak berguna karena koin ini dan beserta koin crypto lainnya bisa anda tukarkan di exchanger di dunia. Salah satu tempat jual beli atau exchanger resmi Indonesia adalah Indodax (sebelumnya bernama Bitcoin.co.id) dan bisa anda cairkan ke Rupiah. Sebelum anda menambang Litecoin anda harus mempunyai wallet terlebih dahulu untuk menyimpan Litecoin. Nah, di Indodax sudah menyediakan wallet untuk Litecoin.

Informasi Teknis Litecoin : 

Batas koin  84 Juta
Algoritma  Scrypt
Waktu blok  2,5 menit
Kesulitan retarget  Blok 2016
Blok rincian hadiah  Dibagi dua setiap 840,000 blok
Hadiah awal  50 LTC
Bonus blok saat ini  50 LTC
Blok penjelajah  block-explorer.com
Dibuat oleh  Charles Lee
Tanggal pembuatan  7 Oktober 2011

Litecoin
  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Would you like to get 30 bitcoin-related downline referrals per month, totally free?

    Here is How To:

    1. Claim 3,000 (up to 50,000) free satoshi per 24h from the MellowAds Faucet.

    2. Start a 24 hours network campaign (using all of your available satoshi) promoting a bitcoin referral link.

    3. When the campaign completes, re-claim and re-start.

    ReplyDelete
  3. At Free Bitcoin you may claim FREE satoshis. 8 to 22 satoshis per 5 mins.

    ReplyDelete